DOSEN PRODI TEKNIK INDUSTRI “PAMER” HASIL PENELITIAN DIHADAPAN TIM MONEV UNPATTI

Pada tahun 2022 ini, Dosen Prodi Teknik Industri telah menghasilkan sejumlah karya penelitian dengan skema pembiayaan dari dana PNBP Fakultas Teknik Tahun 2022. Tercatat ada 7 (tujuh) judul penelitian yang dibiayai, yaitu: (1) Analisis Value Chain Industri Ikan Asap di Pulau Ambon oleh A. L. Kakerissa, ST., MT.; (2) Model Sustainable Supply Chain Risk Management Rumput Laut (Eucheuma Cottonii): Studi Kasus di Kabupaten Seram Bagian Barat oleh D. B. Pailin, ST., MT. dan Johan M. Tupan, ST., MT.; (3) Model Pemilihan Moda Transportasi Laut Untuk Perjalanan Antar-Pulau di Provinsi Maluku oleh Mantari Rasyid, ST., MT. dan Dr. Hanok Mandaku, ST., MT.; (4) Klasifikasi Tingkat Emosi Buruh Bagasi Berdasarkan Facial Actron Coding System (FACS) Berbasis Computer Expression Recognition Toolbox (CERT) oleh Wilma Latuny, ST., M.Si., M.Phil., Ph.D. dan Victor. O. Lawalatta, ST., MT.; (5) Analisis Manajemen Pembinaan Berbasis Pendidikan Karakter Kristen Bagi Anak Didik Pemasyarakatan (Andiknas) pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Ambon oleh Imelda Ch. Oceratu dan Ir. Aminah Soleman, ST., MT.; (6) Desain Pengembangan Jaringan Angkutan Penyeberangan Untuk Mendukung Distribusi General Cargo Antar-Pulau di Provinsi Maluku oleh Dr. Hanok Mandaku, ST., MT.; dan (7) Kajian Rute Optimal Kapal Transport Dalam Mendukung Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port (ANP) oleh Prof. Dr. Ir. M. Tukan, BSE., MT.
Sesuai dengan mekanisme pembiayaan penelitian PNBP di lingkungan Universitas Pattimura, maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) berwenang untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) terhadap pelaksanaan penelitian dan outputnya. Karena itu, pada 22 Oktober lalu, Tim MONEV LP2M Unpatti yang dipimpin oleh Sekretaris LP2M, Dr. Steven Huliselan, S.Pd., M.Sc. mengadakan MONEV di Fakultas Teknik guna memastikan perkembangan dan luaran hasil penelitian dosen-dosen di lingkungan Fakultas Teknik. Turut mendampingi adalah salah satu reviewer UNPATTI, Dr. Ir. Alfonsina M. Tapotubun, M.P.


Dihadapan Tim MONEV LP2M, dosen-dosen Prodi Teknik Industri memaparkan hasil-hasil penelitian dan luaran yang telah diraih, antara lain publikasi pada jurnal maupun prosiding (nasional dan internasional). Publikasi yang telah direalisasikan diantaranya karya A. L. Kakerissa, S.T., M.T., Wilma Latuny, S.T., M.T. dan V. O. Lawalatta, S.T., M.T., D. B. pailin, S.T., M.T. dan Johan M. Tupan, S.T., M.T. serta Mentari Rasyid, S.T., M.T. dan Dr. Hanok Mandaku, S.T., M.T. Disamping itu, output penelitian tersebut juga berpotensi melahirkan sejumlah HaKI, diantaranya dari hasil penelitian Wilma Latuny, S.T., M.Si. M.Phil. Ph.D. dan Victor O. Lawalatta, S.T., M.T.  dengan karya data primer Facial Actron Coding System (FACS) dan Dr. Hanok Mandaku, S.T., M.T. dengan karya desain struktur dan pola jaringan optimal untuk angkutan penyeberangan di wilayah Provinsi Maluku.
Menanggapi paparan dosen-dosen Prodi Teknik Industri, Dr. Ir. Alfonsina M. Tapotubun, M.P. pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi sekaligus menantang agar supaya kedepan dosen-dosen Prodi Teknik Industri “berani” untuk mengikuti skema pembiayaan dari Kemendikbudristek.
Kegiatan MONEV tersebut berlangsung sehari penuh, bertempat di Ruang Rapat dan Ruang Multimedia Fakultas Teknik, kampus Poka, Ambon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.