DUKUNG PENGEMBANGAN UMKM, TIM PkM PRODI TEKNIK INDUSTRI TEMUI KELOMOK MINYAK ATSIRI “BUNGA TANI”

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi Teknik Industri pada akhir Oktober lalu berkesempatan menemui Kelompok Penyulingan Minyak Atsiri “Bunga Tani” di Dusun Kranjang, Desa Wayame, Kota Ambon dalam rangka merealisasikan program PkM sebagai salah satu Tridharma Perguruan Tinggi. Tujuannya adalah memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada Kelompok Penyulingan tersebut agar lebih optimal dalam proses produksi.
Tim yang dipimpin oleh Ir. Aminah Soleman, S.T., M.T. tersebut terdiri dari 3 kelompok, yaitu “Tim Ergonomi”, “Tim Rantai Pasok” dan “Tim Logistik”. “Tim Ergonomi” terdiri dari Ir. Aminah Soleman, S.T., M.T. dan Mentari Rasyid, S.T., M.T. berkesempatan membawakan materi tentang Penerapan Ergonomi di Tempat Kerja. “Tim Rantai Pasok” terdiri dari M. Thezar Afifuddin, S.T., M.T. dan Dian P. Sahar, S.T., M.T. membawakan materi tentang Penerapan Supply Chain Management. Sedangkan, “Tim Logistik” yang terdiri dari Dr. Hanok Mandaku, S.T., M.T. dan Imelda Ch. Poceratu, S.Teol., M.Teol., M.M. membawakan materi tentang Penerapan Sistem dan Manajemen Pengendalian Persediaan Bahan Baku. Ketiga materi tersebut dipandang penting dan relevan untuk diterapkan oleh Kelompok Penyulingan Minyak Atsiri “Bunga Tani” yang merupakan salah satu UMKM andalan di Kota Ambon.
Pelaksanaan PkM Prodi Teknik Industri di Lokasi Usaha Penyulingan Minyak Atsiri “Bunga Tani”

Bapak Yapi selaku Ketua Kelompok Penyulingan Minyak Atsiri “Bunga Tani” memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan PkM dari Prodi Teknik Industri UNPATTI. Menurutnya, usaha penyulingan minyak atsiri yang dirintisnya beberapa tahun lalu masih menghadapi sejumlah masalah, utamanya berkaitan dengan keberlangsungan usaha karena permasalahan ketersediaan bahan baku dan tempat kerja (work station) yang masih serba manual. Oleh sebab itu, dengan materi yang diberikan, dirinya cukup terbantu untuk merencanakan perbaikan tempat kerja dan menata kembali sistem persediaan bahan baku dan rantai pasoknya. Sembari berterima kasih, beliau berharap agar Prodi Teknik Industri dapat terus mendampingi mereka sehingga proses perbaikan dapat berlangsung terus-menerus guna mengoptimalkan sistem produksi dan memaksimalkan keuntungan dari usaha tersebut.
Menanggapi permintaan tersebut, Ir. Aminah Soleman, S.T., M.T. selaku Ketua Tim PkM berjanji untuk terus memberikan kontribusi bagi pengembangan usaha penyulingan minyak atsiri tersebut sebagai bentuk komitmen dari Prodi Teknik Industri UNPATTI terhadap pengembangan UMKM di Provinsi Maluku.
Sekedar diketahui, Kelompok Penyulingan Minyak Atsiri “Bunga Tani” di Dusun Kranjang tersebut selama ini mengusahakan penyulingan minyak Atsiri, antara lain minyak Cengkih, Minyak Kayu Putih dan Minyak Sereh. Hasil produksinya sudah banyak dipasarkan di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.