Kuliah Tamu – Jani Rahardjo, Ph.D : “Industri 4.0; Peluang dan Tantangan”,

Dosen Universitas Kristen Petra (UK PETRA) Surabaya, Jurusan Teknik Industri, Jani Rahardjo, Ph.D memberikan memberikan kuliah tamu dengan tema “Industri 4.0; Peluang dan Tantangan”, yang dilaksanakan di Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pattimura  pada tanggal 10 Oktober 2018.

Dalam penyampaian materi tersebut, beliau menyampaikan Industri 4.0 sebagai fase revolusi teknologi mengubah cara beraktifitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup sebelumnya. Manusia bahkan akan hidup dalam ketidakpastian (uncertainty) global, oleh karena itu manusia harus memiliki kemampuan untuk memprediksi masa depan yang berubah sangat cepat. Tiap negara harus merespon perubahan tersebut secara terintegrasi dan komprehensif. Respon tersebut dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan politik global, mulai dari sektor publik, swasta, akademisi, hingga masyarakat sipil sehingga tantangan industri 4.0 dapat dikelola menjadi peluang.

“Perguruan Tinggi dalam hal ini Fakultas Teknik Universitas Pattimura merupakan lembaga formal yang diharapkan dapat melahirkan tenaga kerja kompeten yang siap menghadapi industri kerja yang kian berkembang seiring dengan kemajuan teknologi” ungkapnya. Keahlian kerja, kemampuan beradaptasi dan pola pikir yang dinamis menjadi tantangan bagi sumber daya manusia, di mana selayaknya dapat diperoleh saat mengenyam pendidikan formal di Perguruan Tinggi

Kuliah tamu terbut diselenggarakan untuk memberi pengetahun kepada seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pattimura. Karena  kedepannya mereka yang akan paling merasakan dampak dari industri 4.0’’ Imbuhnya

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Teknik Industri Unpatti juga turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Unpatti Dr.Ir. W. R. Hetharia, M.App.Sc dan staf dosen Program Studi Teknik Industri Unpatti. (Admin/DBP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *